Wednesday, March 9, 2016

4 Fenomena yang Kita Lihat Saat Gerhana Matahari Total 2016

4 Fenomena yang Kita Lihat Saat Gerhana Matahari Total 2016 - Gerhana matahari total merupakan momen yang dianggap sebagai fenomena paling mengesankan dan tak terlupakan oleh penduduk bumi. Untuk bagian Timur di daerah pasifik, gerhana matahari akan terjai hanya dalam waktu 4 menit saja sendangkan untuk garis kuning akan menunjukan daerah dengan gerhana matahari parsial, jadi akan jangan mengecewakan jika anda terlewatkan momen seperti ini.

4 Fenomena yang Kita Lihat Saat Gerhana Matahari Total 2016

Berikut garis besar fenomena yang mungkin dapat anda saksikan saat gerhana matahari sedang berlangsung:

Baca Juga: 10 Fakta tentang Hari Perempuan Internasional

1. Baily's Beads


Baily's Beads

Fenomena yang akan anda saksikan yang pertama adalah Baily's Beads yaitu berupa gumpalan cahaya yang begitu mirip dengan manik-manik yang berada di tepi piringan bulan jika anda melihatnya dari permukaan bumi hanya sesaat sebelum dan juga sesudah fase total untuk gerhana matahari total. Mengapa hal ini terjadi? karena permukaan bulan yang tidak merata dan terjadi berkisar antara 10 menit hingga 15 detik.

2. Cincin Berlian


Cincin Berlian

Fenomena kedua, anda akan mendapati sebuah fenomena cahaya matahari yang berbentuk seperti cincin berlian yang cantik hanya sesaat ketika anda melihat penampakan Baily's Heads. Saat fase total, akan terlihat satu manik baily yang tersisa sehingga perbaduan antara lingkaran korona dari matahari akan terlihat seperti cincin berlian.

3. Pendar Kemerahan Saat Cincin Berlian Menghilang


Pendar Kemerahan Saat Cincin Berlian Menghilang

Sesaat sebelum cincin berlian menghilang, kromosfer matahari akan memperlihatakn fenomena pendar kemerahan hanya sesaat setelah efek dari cincin berlian menghilang.

4. Korona Matahari


Korona Matahari

Fenomena selanjutnya ketika piringan bulan yang telah berhasil sepenuhnya menutupi piringan matahari, anda akan melihat sisa-sisa cahaya dari lapisan korona matahari yang berada disisi luar piringan, ilmuan menyebut fenomena ini sebagai Korona Matahari.

Sumber : 4 Fenomena yang Kita Lihat Saat Gerhana Matahari Total 2016