Tuesday, March 1, 2016

Tips Agar Bisa Mengetik dengan Cepat

Tips Agar Bisa Mengetik dengan Cepat - Mampu menjalankan komputer dan juga menggunakan program seperti Microsoft Office Word biasanya menjadi syarat utama dalam mendaftar pekerjaan. Nah, jika kamu sudah bisa mengetik dengan lancar dan menguasai penggunaan program MS Word ini, yakin dan percaya pasti kamu akan dengan mudah mendapatkan pekerjaan.

Tips Agar Bisa Mengetik dengan Cepat

Untuk itu, kamu bisa mulai belajar menggunakan Word dengan menguasai teknik mengetik dengan cepat 10 jari. Di bawah ini ada 4 tips yang bisa kamu coba dalam menguasai teknik mengetik dengan cepat tersebut.

Baca Juga: Cara Mengatasi iPhone Lemot

Pemilihan keyboard dan posisi adalah hal penting


Keyboard komputer memiliki bentuk dan juga besar yang berbeda – beda. kamu harus tahu tipe – tipe keyboard dan pilih keyboard mana yang cocok untuk kamu gunakan. Ada orang yang nyaman mengetik menggunakan keyboard yang kecil, dan ada juga yang lebih nyaman menggunakan keyboard yang besar. Semua itu tergantung dari penguasaan kamu. Dan, sebaiknya jika kamu telah memilih keyboard maka janganlah mengganti keyboard tersebut sampai kamu menguasai atau menghafal setiap letak tombol pada keyboard tersebut. Nah, jika kamu telah memilih jenis dan tipe keyboard tersebut maka posisi harus kamu tentukan dalam mengetik.

4 Tips Agar Bisa Mengetik Dengan Cepat 1

Posisi juga sangat mempengaruhi dalam mengetik dengan cepat. Pastikan posisi jari-jari kamu nyaman berada di atas keyboard. Posisi duduk kamu juga haruslah tetap tegak dan tidak membungkuk serta jarak dan juga ketinggian posisi letak keyboard tersebut. Gambar di bawah ini bisa membantu kamu bagaimana posisi yang baik dalam mengetik.

Latihan mengetik dengan pola sederhana


Istilah mengetik 10 jari memang sangat bagus digunakan dalam mengetik dengan cepat. Tapi, untuk bisa memanfaatkan ke semua jari-jari tangan kamu tersebut yang harus kamu lakukan adalah kebiasaan. Untuk itu agar kamu bisa cepat terbiasa maka mulailah dengan latihan sederhana dengan cara di bawah ini :

Lakukan pengulangan pada tombol dasar “asdf jkl;”
Setelah kamu mulai lancar dengan tombol dasar tersebut, maka coba melakukan kombinasi dengan huruf besar yaitu sambil menekan tombol SHIFT kamu juga tekan tombol-tombol dasar tersebut.

Setelah selesai dengan tombol dasar tersebut maka tahap selanjutnya kamu lanjut pada tombol huruf yang ada di bawahnya yaitu “zxcvbnm;”. Lalu lanjut pada baris keyboard atas “qwertyuiop”. Gambar di bawah ini adalah posisi jari-jari untuk setiap tombol.

4 Tips Agar Bisa Mengetik Dengan Cepat 2

Belajar tanpa melihat keyboard


Untuk tahap ini sebaiknya kamu permantap dulu penguasaan pada tahap kedua di atas. Jika kamu sudah bisa membiasakan diri dengan tahap kedua di atas, maka tahap ini akan kamu lewati dengan mudah. Karena, pada tahap ini kamu juga harus bisa menggabungkan daya ingat untuk mengetahui lokasi – lokasi dari tombol keyboard.

Latihan dengan aplikasi


Semakin sering kamu berlatih untuk mengetik cepat 10 jari ini maka kamu tentunya kamu akan semkain terbiasa. kamu bisa mencoba latihan dengan belajar mengetikkan isi dari sebuah berita baik dari surat kabar, atau menjadi penulis artikel di beberapa situs seperti di SegiEmpat.com ini. Saat ini juga sudah banyak sekali aplikasi yang dapat membantu membangun kecepatan kamu dalam mengetik.

Sumber : Tips Agar Bisa Mengetik dengan Cepat