Sunday, February 21, 2016

5 Langkah Mudah Pertajam Ingatan

5 Langkah Mudah Pertajam Ingatan - Seperti tubuh yang butuh olahraga agar bugar, otak pun butuh latihan juga untuk menjaga ingatan tetap tajam. Nah mumpung sedang berakhir pekan, lakukan beberapa latihan otak yang memakan waktu singkat.


Latihan otak berikut di desain untuk melatih aspek fungsi kognitif yang berbeda. Lakukan latihan otak berikut beberapa kali seminggu dan kamu bisa melihat peningkatan bertahan kemampuan otak.

5 Langkah Mudah Pertajam Ingatan

1. Latihan abjad
Ubahlah abjad A - Z menjadi angka 1 - 26. Kemudian tulislah sebuah kata, kemudian jumlahkan nominalnya. Misalnya: KATA yakni 11+1+20+1=33

2. Mengingat transaksi tagihan telepon
Coba lihat transaksi telepon kamu bulan lalu, jika tidak ada lihat transaksi internet banking kamu. Coba ingat-ingat kembali setiap transaksi yang kamu buat.

3. Ingat nama guru dan teman SMA
Coba ingat-ingat nama teman dan guru saat sekolah. Lalu coba ingat-ingat kembali apa yang terjadi karakteristik mereka. Akan ada banyak kejutan kenangan saat kamu mengingat-ingat hal ini.

4. Membaca secara terbalik
Saat membaca buku atau koran, baca dari kata terakhir menuju kata pertama. Lalu, lihat seberapa besar usaha untuk memahami makna berita tersebut.

5. Tes kata
Tantang diri kamu untuk menuliskan kata dengan abjad tertentu dalam dua menit. Misalnya huruf T, ada kata apa saja.

Mudah bukan? dengan 5 Langkah Mudah Pertajam Ingatan sehingga kita akan terhindar dari penyakit Amnesia. Semoga ilmu yang saya tuangkan dalam kesempatan kali ini dapat bermanfaat bagi kita semua.