Saturday, March 12, 2016

4 Alasan Sulit Naik Gaji

4 Alasan Sulit Naik Gaji - Siapa yang tidak jengkel, setelah bekerja lama di sebuah perusahaan, kenaikan gaji tidak kunjung datang.

Terlebih ketika kita mengetahui gaji yang diterima ternyata jauh di bawah standar.

Akan tetapi, tahukah kamu, sebagian besar penyebab rendahnya gaji adalah diri kamu sendiri. Berikut adalah empat alasan yang jadi penyebabnya :

4 Alasan Sulit Naik Gaji

1. Kamu terlalu sungkan meminta kenaikan gaji


Di sini kamu sudah bekerja cukup lama untuk perusahaan, atau memiliki kontribusi yang signifikan terhadap kinerja perusahaan. Maka, tidak ada salahnya meminta kenaikan gaji. Sayangnya, ternyata tidak semua orang berani meminta kenaikan gaji pada atasan. Nah, mungkin hal ini juga terjadi kepada diri kamu.

Maka cobalah untuk sedikit lebih berani dalam memperjuangkan hak kamu. Terlebih bila kinerja dan performa yang kamu berikan memiliki kontribusi besar terhadap perusahaan.

Baca Juga: Sering Tidur Lebih dari 8 Jam? Awas Kesehatan Jantung Kamu

2. Tidak memaksimalkan dan kurang menjual potensi


Penyebab lain yang membuat kamu masih digaji di bawah rata-rata adalah kurang memaksimalkan dan menjual potensi yang dimiliki. Dalam wawancara kerja pertama kali pun, saat tiba saatnya berbicara tentang gaji, banyak orang yang masih melakukan pembicaraan atau negosiasi gaji yang datar.

Padahal, potensi yang dimiliki sangatlah besar, karena kemampuan yang dimiliki sangat berguna dalam dunia kerja. Untuk itu, mulailah memberanikan diri melakukan negosiasi gaji.

3. Takut tidak mendapat pekerjaan


Kalau hal yang satu ini sering terjadi dalam wawancara kerja. Sering kali orang-orang terutama fresh graduate tidak berani melakukan negosiasi gaji pada saat wawancara dilakukan. Alasannya simpel, yaitu takut tidak mendapat pekerjaan yang dilamar.

Padahal, dalam negosiasi gaji, pihak perekrut akan menilai sebagaimana besar kamu menghargai diri dan potensi yang dimiliki.

4. Mungkin, karena kamu seorang perempuan


Meski manusia sudah memasuki era digital, hal diskriminatif seperti ini masih ditemukan. Contohnya adalah sebuah studi yang dilakukan oleh brainiacs di Pasycale.com yang mengungkapkan, para wanita cenderung tidak mendapatkan kenaikan gaji bahkan ketika mereka sudah memiliki gelar MBA sekalipun.

"Penelitian ini mengungkapkan bahwa 21 persen wanita yang memiliki gelar MBA tidak mendapatkan kenaikan gaji sama sekali walaupun mereka memintanya. Sementara, pria dengan gelar MBA yang tidak mendapatkan kenaikan gaji hanya sebesar 10 persen saja," ungkap penelitian tersebut.

Sumber : 4 Alasan Sulit Naik Gaji