Thursday, June 9, 2016

Jadwal Puasa Ramadhan 1437 H

Tags

Jadwal Puasa Ramadhan 1437 H - Telah keluar tentunya kawan-kawan sekalian sangat menanti Jadwal Puasa Ramadhan, buat memberi keyakinan penetapan kapan jatuhnya 1 Ramadhan di mana segala umat muslim memulai buat melakukan ibadah puasa ada dua langkah, yakni Hisab atau perhitungan serta juga Ru’yatul Hilal, yang mana di Indonesia sendiri hasil dari Rukyatul Hilal akan diumumkan oleh pihak pemerintah Kementerian Agama pada hari mendekati bulan Ramadhan.

Jadwal Puasa Ramadhan 1437 H

Bulan yang paling mulia, Ramadhan di tahun 1437 Hijriah atau tahun 2016 ini. Bulan di mana ada malam yang mulia lebih dari 1000 bulan ini pastinya sangat dinantikan oleh semua umat muslim di dunia. Yang mana benar-benar bulan Ramadhan menjadi momen buat berlomba melakukan beraneka amalan.

Baca Juga: Arti Nama Bayi Anak Perempuan Islami

Untuk lebih rincinya seperti ini, langkah hisab yakni satu cara buat meyakinkan posisi bulan dengan menggunakan sistem perhitungan serta juga kalkulasi astronomis yang dilaksanakan secara matematis guna dapat mengetahui masuknya bulan baru di kalender Hijriah. Sementara buat metode rukyat yakni melaksanakan satu kesibukan mengamati hilal dengan cara langsung. Aktivitas ini pada yang lain yakni menyaksikan posisi bulan sabit muda yang bisa terlihat buat kali pertamanya selesai konjungsi. Aktivitas mengamati hilal ini bisa diadakan dengan cara mengamati langsung ataupun juga dapat dengan menggunakan alat bantu seperti teleskop contohnya.

Hilal sendiri yaitu penampakan bulan sabit muda yang terlihat saat pertama kalinya usai terjadinya ijtimak atau konjungsi, adalah di waktu setelah maghrib. Melihat hilal dilakukan dikala saat sudah mulai masuk petang dikarenakan bentuk dari bulan sabit muda sangat tipis dan cahayanya juga masih minim. Maka jika disaksikan pada petang, kehadirannya bisa lebih jelas.

Dari berbagai sumber yang ada, hasil metode hisab untuk tanggal 1 Ramadhan 1437 H jatuh pada tanggal 6 Juni 2016. Sementara Idul Fitri jatuh di tanggal 6 dan 7 Juli 2016. Umat islam di Indonesia bisa jadi tahun ini akan melaksanakan puasa Ramadhan dan Idul Fitri secara serempak. Sebagaimana yang sudah pernah diprediksikan sebelumnya oleh Lapan bahwa jatuhnya awal Ramadhan dan juga Idul Fitri mulai tahun 2015 sampai dengan 2022 di Indonesia bakal serempak.


Sumber : Jadwal Puasa Ramadhan 1437 H