Friday, February 26, 2016

Punya Asma, Wanita Berisiko Lebih Lama Miliki Momongan

Punya Asma, Wanita Berisiko Lebih Lama Miliki Momongan - Wanita yang memiliki asma kemungkinan butuh waktu lebih lama untuk hamil atau tingkat kehamilan lebih rendah dibandingkan wanita lain yang tidak memiliki masalah paru-paru.

Hal tersebut diketahui lewat studi kecil yang melibatkan 245 wanita berusia 23-45 tahun yang mengalami masalah kesuburan dan sedang menjalani fertility treatment. Sekitar 96 persen dari wanita tersebut memiliki riwayat asma.

Penggunaan inhaler tak tepat, manfaatnya jadi tak maksimal bagi pasien asma.

Para wanita tersebut terus dipantau hingga masa mereka akhirnya mengandung. Pada wanita yang tidak punya asma bisa hamil rata-rata setelah menjalani fertility treatment setelah 32 bulan. Sementara wanita yang memiliki asma baru bisa hamil sekitar bulan ke-55 Setelah menjalani perawatan kesuburan.

"Kami melihat asma nampaknya memberi pengaruh negatif terhadap kehamilan. Butuh waktu lebih lama untuk hamil terlebih seiring bertambahnya umur," terang Dr. Elisabeth Juul Gade.

Sayangnya penelitian belum mengetahui secara pasti apa hubungan antara asma dengan kehamilan. Diprediksi ada hubungan yang kompleks antara tipe asma, kesehatan psikologis, obat asma dan hormon.

Oleh karena itu Gade menyarankan wanita yang memiliki asma untuk hamil di usia yang tidak tua serta melakukan perawatan untuk mengatasi asma sebelum hamil.